Luang Prabang Pusat Budha di Laos

Ari Suarcani | Wisata Asia
2 Feb 2011

Luang Prabang merupakan sebuah kota kuno yang ada di negara Laos, tepatnya di Laos utara. Tempat ini merupakan jantung budaya Laos dan pada tahun 1995 dijadikan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Luang Prabang merupakan kota budaya. Dulunya merupakan ibu kota kerjaan kuno dari jaman raja Lan Xang sampai raja Phothisarat yang kemudian memindahkan tempat administrative kerajaan ke Vienteane. Kota ini juga menjadi pusat Budha yang hingga saat ini dikunjungi orang yang ingin belajar agama itu lebih mendalam.

Luang Prabang memiliki berbagai pesona wisata. Mulai dari sisa-sisa kerajaan Laos yang merupakan penggabungan atas reruntuhan arsitektur perancis, candi-candi Budha yang berkilauan serta keindahan alamnya yang luar biasa. Wisatawan yang datang bisa menikmati sungai Mekong lengkap dengan air terjunnya serta buih-buih air yang mirip susu cokelat. Begitu besarnya potensi wisata di kota ini hingga menjadikan Luang Prabang sebagai satu-satunya kota di Laos yang didedikasikan khusus sebagai kota wisata. Pariwisata juga membuat kota kecil ini menjadi salah satu provinsi terkaya di Laos.

Sebagai kota pusat Budha, Luang Prabang memiliki beberapa peninggalan yang erat kaitannya dengan ajaran agama tersebut. Diantaranya Wat Xieng Thong, sebuah kuil dengan arsitektur Budha yang mengagumkan. Kuil ini dibuat pada abad ke 16 dan digunakan oleh keluarga kerajaan pada upacara-upacara penting. Kini candi ini banyak dikunjungi oleh para biarawan.

Selain itu, di Laos juga masih ada budaya memberi makan para biarawan. Pagi-pagi sekali, para biksu turun gunung dan mengambil sumbangan yang berupa makanan dari penduduk setempat. Hal ini menunjukan kemurahan hati para penduduk, karena masih tetap menjaga tradisi itu sampai saat ini. Selain itu masih ada gunung Phousi yang pada puncaknya terdapat patung Budha yang sedang berbaring dan berlapiskan emas.

Tags:

One Comment

  1. mas, bisa tukeran link ga?

Leave a Reply