Belajar Mencintai Alam di Teluk Penyu

Anangkusumo | Wisata Indonesia
1 Apr 2011

Teluk Penyu merupakan obyek wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Obyek wisata yang memiliki luas 24 Ha ini dapat digunakan sebagai tempat untuk kita mengajarkan anak dan keluarga kita mencintai alam. Hal tersebut dikarenaka kondisi kawasan ini masih sangat baik dengan memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang harus dijaga kelestariannya.

Sebagai tempat wisata alam, kawasan Teluk Penyu tidak memperbolehkan kapal pukat untuk menangkap ikan di daerah nelayan tradisional, yaitu tiga mil laut lepas pantai dan kawasan ini membatasi pemancing-pemacing udah hanya sebayak 90 pemancing. Beberapa ilmuwan dan konservasionis mengusulkan untuk memberikan perlindungan khusus bagi kawasan Teluk Penyu.

Di dalam area Teluk Penyu terdapat beberapa pohon mangrove yang menjadi daya tarik tersendiri untuk berwisata di Teluk Penyu ini. Selain sebagai obyek wisata, kawasan Teluk Penyu juga digunakan warga sekitar untuk area budidaya padi dan area perikanan.

Selain memiliki beberapa pohon jenis mangrove, Teluk Penyu juga memiliki beberapa jenis ikan, diantaranya spp Luijanur, spp Pampus, spp Anus, spp Leognathus, Anguilla spp, dan spp Saurida. Teluk ini juga memiliki beberapa hewan reptil seperti Penyu Hijau Chelonia Mydas dan Biawak. Beberapa spesies kepiting dan moluska (kerang, anomia dan gastropoda) juga terdapat di Teluk Penyu.

Dari Teluk Penyu Anda dapat menyewa sebuah perahu kecil yang tersedia untuk berkeliling Teluk Penyu hingga menuju kawasan Pulau Nusa Kambangan dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000,00 saja untuk satu perahunya. Di dalam area Teluk Penyu masih banyak penjual-penjual yang menjual makanan-makanan khas desa seperti pecel dengan harga hanya Rp 3.000,00 untuk satu porsinya.

Tak jauh dari obyek wisata alami ini Anda dapat membeli beberapa oleh-oleh dari hasil nelayan-nelayan yang ada di Teluk Penyu seperti ikan asin, teri, dan terasi. Anda juga dapat membeli beberapa udang dan cumi-cumi yang sudah digoreng langsung dengan harga cuma Rp 10.000,00 untuk setiap kilo sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda.

Tags: ,

One Comment

  1. Keren mas, saya baru tau tentang ini

Leave a Reply