Candi-Candi di Daerah Jawa Barat

Ari Suarcani | Wisata Indonesia
3 Jun 2011

candi cangkuangWilayah Jawa Barat Indonesia juga mempunyai beberapa candi yang patut dijadikan wisata sejarah. Beberapa candi tersebut mempunyai corak yang khas yaitu corak Siwa. Corak khas ini ternyata masih dikaitkan dengan sejarah kerajaan Hindu ataupun budaya Budha yang mendominasi kekuasaan di Jawa pada jaman dulu kala. Namun berbeda dengan candi di daerah lain, candi di Jawa Barat baru ditemukan sekitar tiga puluh tahun terakhir. Mayoritas candi-candi yang ditemukan tersebut merupakan reruntuhan atau candi yang sudah tidak sempurna bentuknya.

Candi Cangkuang

Salah satu candi di Jawa barat adalah candi Cangkuang. Candi ini terletak di sebuah kecil yang berada di tengah-tengah sebuah bendungan air atau yang disebut Situ. Candi ini ditemukan sekitar tahun 1966 oleh para peneliti. Pada waktu penemuannya, candi dalam kondisi yang sudah rusak, ada pula arca, serpihan pisau-pisau serta pisau yang diperkirakan berasal dari jaman Megalitikum. Kondisi rusak ini membuat pemerintah memugar candi ini sekitar tahun 1978 dan hingga kini bentuknya menyerupai gapura pura di Bali.

Situs Batujaya

situs batujayaCandi yang lain ditemukan di dua daerah di Karawang, Jawa Barat. Penemuan ini diteliti oleh tim arkeologi dari Universitas Indonesia. Lokasinya berada di sekitar persawahan dan lebih mirip dengan gundukan tanah serta batu-bata. Candi ini diberi nama Situs Percandian Batujaya. Kondisi candi-candi di kawasan ini kebanyakan sudah rusak, tidak bisa dilihat pola, bentuk ataupun asalnya. Beberapa candi yang masih utuh hanyalah candi Blandongan serta candi Lembah Duhur.

Candi Jiwa

candi jiwaWisata candi selanjutnya di Jawa Barat adalah candi Jiwa. Candi ini berlokasi di kabupaten Karawang. Bentuknya lebih mirip seperti bagian dasar bangunan namun bagian atasnya memiliki bentuk seperti bunga teratai. Bagian tengah terdapat bekar melingkar yang diperkirakan merupakan bekas stupa ataupun patung Budha. Candi ini terbuat dari batu bata dan memiliki bentuk unik, hampir belum ada ditemukan candi serupa di tempat lain.

Selain candi-candi di atas, masih ada candi Bojongmenje yang ditemukan di desa Bojongmenje, Bandung yang ditemukan sekitar tanggal 18 Agustus 2002. ada pula candi Ronggeng yang juga disebut candi Pamarican. Candi ini ditemukan di kecamatan Pamarican, Ciamis pada tahun 1977. Selain itu masih ada candi Cibuaya serta candi Bandongan. Candi-candi ini ukurannya memang tidak sebesar candi di daerah lainnya namun lumayan menarik untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai salah satu wisata candi di Jawa Barat.

Tags: , ,

Leave a Reply