Sangiran: Ada Apa di Sana?

Paulardo | Wisata Indonesia
15 Jul 2011

museum sangiranSangiran merupakan salah satu situs purbakala terlengkap di Indonesia. Sangiran terletak di kabupaten Sragen, provinsi Jawa Tengah yang mencakup 12 kelurahan dan 4 kecamatan. Sekitar 15 km utara kota Surakarta dan memiliki luas area sekitar 48 km2. Pada tahun 1977 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menetapkan Sangiran sebagai cagar budaya dan kemudian diikuti tahun 1996 Sangiran terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Sangiran merupakan situs manusia purba berdiri tegak terlengkap di Asia.

Dahulunya Sangiran merupakan laut dangkal. Proses pembentukan situs Sangiran diperkirakan akibat gunung Lawu Tua. Akibat gaya kompresi dari runtuhan gunung Lawu Tua kubah Sangiran terbentuk. Tenaga endogen yang terjadi secara berulang-ulang mengakibatkan terjadinya dorongan di dalam dan membentuk bukit seperti yang dapat Anda lihat saat Anda mengunjungi Sangiran saat ini.

Bila Anda mengunjungi Sangiran Anda akan disuguhi wisata sejarah manusia. Di museum Sangiran dipaparkan sejarah manusia purba sejak 2 juta tahun yang lalu. Dari kala Pliosen akhir hingga Pleistosen tengah. Koleksi fosil Museum Sangiran mencapai 13.086. selain fosil manusia purba Anda juga dapat melihat fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan dan alat-alat batu.

Tidak hanya Museum yang dapat Anda kunjungi di kawasan Sangiran. Di kawasan Sangiran ada juga dapat mengunjungi Menara Pandang Sangiran. Di sana Anda dapat melihat pemandangan kawasan sangiran yang masih asri. Selain itu ada ruang audio visual yang memutar film kehidupan manusia prasejarah.

Di sangiran selain Anda dapat berwisata masa lampau Anda juga dapat membeli pernak-pernik yang dijual di sekitar museum Sangiran. Masyarakat Sangiran khususnya selain kehidupan sehari-harinya bertani mereka juga menjual pernak-pernik batuan. Biasanya mereka menjual gelang, kalung dan pernak pernik lain yang terbuat dari batu. Tidak hanya itu masyarakat juga menjual hiasan untuk dekorasi rumah.

Mungkin banyak orang yang tidak tahu situs purbakala Sangiran. Padahal Sangiran merupakan salah satu situs purbakala terlengkap. Namun namanya tidaklah begitu terkenal di Indonesia sendiri. Tidak ada salahnya Anda mengajak keluarga untuk berlibur sekaligus belajar sejarah manusia di Museum Sangiran. Ada berbagai hal menarik yang dapat menjadi pembelajaran bagi anak Anda khususnya.

Tags: , ,

Leave a Reply