Tempat-Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Rido Faldana | Wisata Indonesia
15 Apr 2011

nusa tenggara timurNusa Tenggara Timur yang terletak di wilayah Indonesia Timur adalah salah satu provinsi kepulauan di Indonesia timur. Karena berbentuk kepulauan maka tidak heran di provinsi yang memiliki ibukota Kupang ini memiliki pantai-pantai yang indah. Selain itu pemandangan alam bawah laut di pulau yang terletak di provinsi ini juga tidak kalah menarik. Apa saja tempat wisata yang layak menjadi destinasi wisata Anda di provinsi kepulauan Indonesia timur ini? Berikut ulasannya:

1.Taman Laut Pantar

Taman laut ini terletak di selat Patar, selat yang memisahkan pulau Alor dan pulau Pantar. Taman Laut Pantar termasuk ke dalam wilayah kabupaten Alor.

Di Taman Laut Pantar ini terdapat 26 titik lokasi penyeleman dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Salah satu titik penyelaman yang menjadi favorit bagi para penyelam adalah Shark Close, di sini Anda bisa memuaskan hasrat Anda untuk bermain bersama ikan hiu yang jinak dan bersahabat. Di area taman laut ini juga hidup lumba-lumba abu-abu yang saat ini populasinya sudah mulai menurun.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, Anda dapat menggunakan kapal feri dari Kupang dengan lama perjalanan sekitar 13 jam ke Larantuka. Dari Larantuka Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal kayu menuju pelabuhan Kalabahi, tempat Taman Laut Pantar ini berada.

2.Gunung Inerie

Gunung dengan ketinggian 2400 m di atas permukaan laut ini memiliki hutan lebat di lerengnya yang di sebelah barat. Sedangkan lereng lainnya telah dibangun menjadi areal perkebunan. Dari puncak gunung Anda dapat menikmati pemandangan ke seluruh penjuru di sekitar gunung Inerie.

Anda akan dibawa ke suasana kota tua di Eropa jika Anda memandang ke kota Bajawa di barat laut, apalagi dengan adanya kabut tipis di sekitar puncak gunung.

Jika Anda memandang ke arah selatan, mata Anda akan dipuaskan oleh birunya laut Sawu. Selain itu di puncak gunung bagian selatan juga terdapat batu yang dianggap sebagai penjelmaan Jaramasi dan kuda tunggangannya (satria penjaga gunung Inerie).

Sayang, perjalanan yang harus Anda tempuh untuk sampai ke sini bisa dikatakan butuh sedikit pengorbanan. Karena Anda harus naik pesawat dari Kupang menuju Ende. Flores. Dari Ende Anda masih harus menempuh perjalanan darat sejauh 76 km.

3. Danau Kelimutu

Warna air danau yang sering disebut danau Tiga Warga ini memiliki keunikan untuk berubah warna sesuai kondisi. Masyarakat sekitar menyakini perubahan warna pada danau Kelimutu memiliki makna tertentu. Contohnya sebelum presiden Soeharto turun warna danau ini berubah menjadi agak sedikir gelap.

Bagi Anda yang ingin menikmati keunikan tempat wisata danau Kelimutu, Anda dapat menempuh perjalanan darat selama 40 menit dari Ibukota Nusa Tenggara Timur.

Tags: , ,

Leave a Reply