Trowulan: Situs Purbakala Indonesia

Ari Suarcani | Wisata Indonesia
6 Jul 2011

gapura bajang ratuSitus purbakala selalu dikaitkan dengan manusia purba, namun situs sejarah yang terbesar di Indonesia ini merupakan wilayah kerajaan Majapahit jaman dulu. Trowulan terletak di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan pada jaman dulu merupakan pusat pemerintahan kerajaan terbesar di Indonesia, yaitu kerajaan Majapahit. Setelah beberapa lama, area pemerintahan kerajaan Majapahit ini dihancurkan pada tahun 1478.

Situs purbakala ini ditemukan pada jaman pemerintahan Inggris, yaitu pada abad ke-19. Ada beberapa jenis situs purbakala yang ditemukan di areal seluas 100 kilometer persegi, beberapa diantaranya terkubur dan sudah rusak. Situs itu berupa bangunan rumah ataupun kerajaan beserta pelengkapnya, uang sebagai alat pertukaran jaman itu, industri yang berupa emas, seni tembikar dari tanah liat serta taman-taman kerajaan Majapahit.

Penggalian situs ini juga menemukan pemukiman masyarakat sekitar pusat kerajaan. Beberapa jenis arkeologi yang ditemukan adalah Gapura Bajang ratu. Ini adalah sebuah gapura yang terbuat dari batu bata murni, dibangun sekitar abad 14, dengan bentuk memanjang dan ukiran-ukiran yang rumit.

candi tikusSelain itu situs unik yang lain adalah candi Tikus. Ini adalah salah satu kolam permandian yang ada di area Trowulan dan berbentuk persegi. Bagian tengah kolam terdapat beberapa candi kecil. Nama candi Tikus ini sendiri diberikan karena pada penemuannya tempat ini menjadi sarang tikus.

gapura wringin lawangGapura yang tidak kalah uniknya adalah Gapura Wringin Lawang. Gapura ini konsep seperti candi bentar di Bali hanya saja bentuknya unik. Terbuat dari bata merah, bentuknya lebih ke gaya Thailand namun dengan ujung datar.

Masih ada banyak situs yang lainnya. Situs-situs yang sudah ditemukan sampai saat ini diantaranya adalah situs Yoni Klinterejo, candi Gentong, candi Brahu, makam Putri Cempa, kuburan Panjang, kolam Segaran, candi Minak Jinggo, situs pemukiman Segaran, situs Pendopo Agung, situs Sentonorejo, situs Kedaton, dan yang terakhir makam Troloyo.

Tags: , ,

Leave a Reply